Jawaban "Masa Pemerintahan Raja Sanna Di Kerajaan Kalingga"

Apa teman-teman banyak dikasih pertanyaan sama kampus? Tetapi teman-teman tidak bisa menyelesaikannya? Sebetulnya ada beberapa strategi untuk mengerjakan soal tsb, termasuk dengan cara bertanya pada kakak kelas. Di samping itu, melihat jawabannya di google merupakan trik yang baik sekarang ini.

Kami telah mempunyai 1 cara mengerjakan dari masa pemerintahan raja sanna di kerajaan kalingga. Monggo pelajari cara menyelesaikannya selanjutnya di bawah:

Masa Pemerintahan Raja Sanna Di Kerajaan Kalingga

Jawaban: #1:

Mata pelajaran: IPS Sejarah

Kelas: XI SMA

Kategori: Perkembangan Hindu Budha di Indonesia

Kata kunci: Pemerintahan raja Sanna di kalingga

Pembahasan:

Kata Kalingga berasal dari kata "kalinga" yakni nama sebuah kerajaan di india selatan, yang didirikan oleh beberapa kelompok orang lain dari india yang berasal dari orissa, mereka melarikan diri karena daerah orissa dihancurkan oleh Maharaga Asoka. Kerajaan ini didirikan pada abad ke-6 dan dibubarkan pada abad ke-7.

 Kerajaan kalingga merupakan kerajaan bercorak Budha   diperkirakan terletak di jawa tengah, di kecamatan keling sebelah utara gunung muria, Sekarang letak nya dekat dengan kabupaten pekalongan dan kabupaten jepara. Ibu kota dari kerajaan kalingga adalah keling(jepara), bahasa yang digunakan kerajaan kalingga yaitu, melayu kuna sanskerta, agama yang dianut kerajaan kalingga yaitu, hindu dan buddha. Sebenarnya agama yang dianut oleh penduduk kerajaan ini umumnya buddha, karena agama buddha berkembang pesat pada saat itu,bahkan pendeta cina datang ke keling dan tinggal selama tiga tahun.

Ratu Sima adalah penguasa di Kerajaan Kalingga. Ia digambarkan sebagai  seorang pemimpin wanita  yang  tegas  dan taat  terhadap peraturan yang berlaku dalam kerajaan  itu. Ratu sima memerintah sekitar tahun 674-732 m.

Pada abad 7 M kerajaan kalingga dipimpin oleh ratu sima, hukum di kalingga ditegakkan dengan baik sehingga ketertiban dan ketentraman di kalingga berjalan dengan baik.

Menurut naskah parahhayang, Ratu sima memiliki cucu bernama sanaha yang menikah dengan Raja Brantasenawa dari kerajaan galuh. Sanaha memiliki anak bernama sanjaya yang kelas akan menjadi raja mataram kuno. Sepeninggalan Ratu sima, kerajaan Kalingga ditaklukan oleh kerajaan Sriwijaya.

Masa kepemimpinan Ratu sima menjadi masa keemasan bagi kerajaan kalingga sehingga membuat raja-raja dari kerajaan lain segan, hormat, kagum, sekaligus penasaran. Masa masa itu adalah masa keemasan bagi perkembangan kebudayaan apapun. Agama buddha juga berkembang secara harmonis, sehingga wilayah di sekitar kerajaan Ratu Sima juga sering disebut Di Hyang(tempat bersatunya dua kepercayaan hindu dan buddha).

Dalam bercocok tanam Ratu Sima mengadopsi sistem pertanian dari kerajaan kakak mertuanya. Ia merancang sistem pengairan yang diberi nama subak. Kebudayaan baru ini yang kemudian melahikan istilah Tanibhala, atau masyarakat yang mengolah mata pencahariannya dengan cara bertani atau bercocok tanam.

Kerajaan kalingga mengalami kemunduran kemungkinan akibat serangan sriwijaya yang menguasai perdagangan, serangan tersebut mengakibatkan pemerintahan kijen menyingkir ke jawa bagian timur atau mundur ke pedalaman jawa bagian tengah antara tahun 742-755 M. Bersama melayu dan tarumanegara yang sebelumnya telah ditaklukan kerajaan Sriwijaya. Ketiga kerajaan tersebut menjadi pesaing kuat jaringan perdagangan Sriwijaya-Buddha.

 

Itulah cara mengerjakan tentang "masa pemerintahan raja sanna di kerajaan kalingga", semoga bisa bermanfaat!

Silahkan di-bookmark dan infokan ke sobat lainnya ya ...

Pesan Mimin: Setelah usaha, jangan lupa berdoa.

Posting Komentar